Sejarah Koperasi Konsumen Bank Muamalah Indonesia

Dalam struktur perekonomian Indonesia ada tiga jenis, yaitu badan usaha mililik negara (BUMN), badan usaha milik swasta (BUMS) dan koperasi. Dan hanya koperasi yang termaktub dalam penjelasan pasal 33 UUD 1945. Pesan ini jelas seharusnya badan hukum koperasi menjadi pilihan utama dalam pengelolaan ekonomi di negara ini. Sistem ekonomi koperasi yang menganut asas gotong royong dan kekeluargaan merupakan kekuatan tersendiri dalam menggerakkan perekonomian. Asas ini menunjukkan bahwa tujuan berkoperasi adalah kesejahteraan bersama yang berarti menciptakan pemerataan ekonomi. Hal ini dikarenakan bisnis koperasi yang melayani anggota untuk menumbuh kembangkan usaha dan menciptakan serta mencari peluang usaha baru bagi anggota yang belum memiliki usaha, Permodalan hanyalah enty point dalam mendukung usaha anggota, dibutuhkan lebih dari sekedar simpan pinjam dan pembiayaan. Pemberdayaan seperti pelatihan, pendampingan dan pemasaran menjadi keharusan. Pengalaman enam belas tahun dalam simpan pinjam dan pembiayaan lewat Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI) telah menunjukkan kebutuhan tersebut demi membangun koperasi yang komprehensif sesuai kebutuhan anggota.

Selengkapnya

Visi/Misi Kopmen BMI

Visi

Menjadi Koperasi konsumen dengan nilai-nilai syariah yang mandiri, berkarakter dan bermartabat untuk kemaslahatan anggota dan masyarakat

Misi

  1. Mengelola usaha-usaha sektor riil dengan prinsip dan nilai syariah dengan manajemen modern dan professional sesuai den gan prinsip dan jatidiri koperasi.
  2. Memberikan pelayanan prima untuk kemaslahatan anggota melalui usaha sektor riil yang sesuai untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.
  3. Memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas hidup anggota dan masyarakat dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan spiritual.
  4. Meningkatkan jejaring kerjasama antar koperasi dan lembaga lain baik dalam maupun luar negeri.
  5. Membangun sistem koperasi berbasis sektor riil dengan prinsip syariah yang inklusif.

Unit Bisnis

Unit Bisnis Kontruksi dan Toko Bangunan

Saat ini Kopmen BMI sudah memiliki 4 unit toko bangunan yang tersebar di daerah Cisoka, Cisauk, Pakuhaji dan Serang

Unit Bisnis Minimarket dan Grosir

Saat ini Kopmen BMI sudah memiliki 3 unit minimarket dan 2 Grosir yang tersebar di daerah Cikupa, Pasarkemis, Pakuhaji dan Walantaka

Unit Bisnis Kafe Kopi Rindoe Benteng

Saat ini Kopmen BMI sudah memiliki 1 unit Kafe Kopi Rindoe Benteng yang terletak di area Gerai Tangerang Gemilang ( Jl. Raya Serang, Talaga, Cikupa, Km. 18,5 Tangerang, Banten 15710, Talaga, Kec. Cikupa, Tangerang, Banten 15710 )

Hubungi Kami

Info Kontak

(021) 29009467

[email protected]

Kirim Pesan